Peta Informasi Kota Tegal


View Peta Informasi Kota Tegal in a larger map

Asal Usul Sepeda

Sepeda 1790 an
Pertama kali sepeda di ciptakan atau dibuat berkisar tahun 1790 Oleh Cornite Mede de Sivrac dari Perancis, disebutnya dengan nama Celerifere. Yaitu sebuah sepeda kayu seperti skuter tanpa pedal dan kemudi. Bentuk sudah riel menyerupai sepeda, hanya saja terbuat dari kayu dan cara mengendarainya dengan didorong dengan kaki yang menjejakkan tanah.

Kemudian pada tahun 1816 oleh Baron Karl Von Drais de Sauerbrun seorang bangsa Jerman, dikembangkan sebah model yang sama dengan mekanisme kemudi melekat pada roda depan. Sepeda ini disebutnya sebagai Draisiene atau dengan bahasa populernya “Kuda Hobi”. Sepeda Drais dipublikasikan dan dipamerkan pada Th. 1818.

Sepeda th.1839 an
 Pada tahun 1839, MacMillan, seorang pandai besi dari skotlandia yang hidup di era tahun 1812-1878. Suatu ketika saat itu dia melihat orang yang mengendarai sepeda dengan cara didorong dengan menjejakkan kaki di tanah. Kemudian timbulah ide atau gagasan pertamanya menggunakan pedal agar bisa lebih efektif. Dia mendesain dengan ukuran roda depan berdiameter 30 inci, sementara roda belakang memiliki diameter 40 inci dan dihubungkan dengan sebuah batang yang melekat sebuah pedal. Secara total sepeda MacMillan beratnya 26 kg. Ciptaannya tersebut semakin Populer dan mengundang perhatian publik. MacMillan mempublikasikan dengan cara mengendarai sepeda tersebut sambil berkunjung ke saudara-saudaranya di Glosgow dengan jarak sejauh 68 mil.

Pada tahun 1880, Inggris memimpin dalam perbaikan sepeda, dengan roda depan berdiameter 64 inci. Ada sekitar kurang lebih dari 2000 berbagai produsen sepeda yang memproduksi lebih dari 300 jenis sepeda tersebut.








Pada tahun 1880, saat itu juga di Amerika , sepeda telah dipetenkan oleh Mr. GW Pressey disebut dengan “American Star”. Pada tahun itu pula The Leaque of America Wheelman dibentuk untuk mempromosikan sepeda sebagai kendaraan umum dan sebagai fasilitas wisata.

Pada tahun 1885, seorang Inggris bernama John Kemp. JK Starley menciptakan Rover, yaitu sepeda dengan prototip modern. Sepeda ini lebih aman dan nyaman dari model-model sebelumnya. Sepeda ini memiliki sadel, grip stang, dan penempatan dari engkol gardan yang tepat sehingga dapat memudahkan untuk dinaiki.



Sepeda th. 1890 an
Sepeda 1900- Pierce sepeda chainless
Sepeda 1930  Shelby







 



Sepeda Kumbang











Sumber :
Marshall Taylor “Get The First” ..... http://marshalltaylor.blogspot.com/2009/09/bikes-earliest-bicycle-in-1790-ouch.html
Victoriana.com ..... http://www.victoriana.com/Bicycle/history-1881.html
Should I Restore My Bicycle? ..... http://www.nostalgic.net/article-whentorestore.htm

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by by: Blogger